Saat Anda berlibur, penginapan menjadi hal yang penting dan utama untuk dipikirkan terlebih dahulu selain destinasi wisata karena itu merupakan tempat tinggal sementara kita selama liburan. Banyak orang yang cenderung memilih hotel sebagai tempat inap mereka dengan berbagai alasan, salah satunya adalah masalah kenyamanan dan fasilitas.Tapi, apabila Anda berlibur ke suatu daerah yang baru, memilih homestay sebagai tempat menginap adalah pilihan yang tepat. Mengapa? Selain menawarkan harga murah dan lebih terjangkau ketimbang hotel, homestay juga memberikan pengalaman unik yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan jika Anda menginap di hotel.

Homestay yakni tempat menginap di mana tamu menginap dengan anggota keluarga. Misal, kalau di hotel tetep aja yang dikenal hanya nomor kamar. Nah kalau di homestay bakal ada tegur sapa, ngopi bareng, ngeteh bareng. Adanya interaksi antara pemilik rumah dan juga tamu menurut kami juga anggap sebagai nilai lebih yang ditawarkan homestay ketimbang hotel.

Kami juga sempat berbincang dengan salah satu Owner dari homestay di Purwokerto. Beliau juga sepakat dengan kami dan mengatakan bahwasannya menginap di homestay juga dinilai dapat menambah pengalaman serta informasi terkait kebiasaan warga lokal di daerah tersebut, selain itu para tamu juga dapat belajar tentang living culture masyarakat sekitar yang tentunya bisa menambah pengalaman liburan mereka. Hal-hal kecil seperti rutinitas sehari-hari, bahasa daerah yang digunakan, serta kebiasaan adat istiadat bisa jadi pengalaman menarik bagi mereka para tamu yang datang. Adanya interaksi tersebut diharapkan juga dapat menjadi nilai tambah bagi homestay yang bukan hanya dianggap sekadar tempat menginap saja.

Apa saja sih keuntungan yang bisa didapat ketika Anda menginap di homestay selain yang kita bahas diatas? Oke akan kami ulas juga.

Pertama masalah harga. Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah ketimbang hotel. Sama seperti hotel, harga homestay juga bervariasi tergantung kemewahan, fasilitas, dan kapasitas yang ada. Mulai yang pakai kipas angin hingga yang pakai AC dan ada fasilitas pendukung lainya. Tapi jika dihitung lagi lebih lanjut, ternyata menginap di homestay bisa lebih murah bagi mereka yang datang berombongan.

Kedua, Homestay bisa dihuni oleh banyak orang dan lebih fleksibel dalam menampung atau menerima tamu yang datang untuk menginap. Maka dari itu, kebanyakan pengguna homestay adalah mereka yang bepergian berombongan dari kisaran 5 orang atau bahkan lebih. Maka tak heran jika menurut kami, pengguna homestay rata-rata adalah rombongan keluarga yang menghadiri wisuda atau pernikahan, hingga rombongan kantoran yang sedang bertugas atau ada event tertentu di luar kota.

Ketiga adalah cocok untuk berkumpul. Salah satu keuntungan menggunakan homestay adalah ritual berkumpul yang nggak hilang. Karena selain kamar, di homestay tentunya ada ruang tamu dan ruang kosong lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk berlumpul. Hal itu tentu akan sulit dilakukan saat Anda menginap di hotel karena tersekat dengan kamar yang ada.

Nah kira kira itu yang bisa kami bahas untuk Anda. Apabila Anda ingin bekunjung dan menginap di Kota Purwokerto, kami sarankan untuk menginap di Homestay Rose 50 Purwokerto. Selain dekat dengan pusat kota dan tempat wisata yang menarik dan berbagai pusat kuliner yang ada yang bisa Anda kunjungi, disini juga terkenal dengan homestay yang murah di Purwokerto dengan pelayanan dan fasilitas yang lengkap juga. Sekian dari kami, apabila dirasa artikel ini bermanfaat untuk Anda dan orang lain, Jangan lupa share/ bagikan kepada yang lain juga yaa. Terima Kasih.