Akomodasi adalah urusan yang sangat krusial dalam traveling. Pasalnya, penginapan adalah satu elemen penting untuk Anda beristirahat di kota yang ingin Anda datangi. Berbicara tentang soal penginapan atau akomodasi, ternyata ada berbagai macam jenisnya lho, mulai dari hotel, hostel, motel, guesthouse hingga homestay. Oleh sebab itu, kenali yuk definisi dari masing masing jenis penginapan tersebut yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber yang ada. Simak penjelasanya di bawah ini.

1. Motel

Sebenarnya istilah motel ini adalah singkatan, yaitu motor hotel. Motel sendiri adalah penginapan yang terletak di luar kota dan biasa berdiri di tepi jalan raya. Motel juga biasa ditujukan bagi orang yang sedang melakukan perjalanan antar kota. Sebenarnya, motel memang mirip dengan hotel. Namun, yang membedakan motel yaitu adanya tempat parkir mobil yang berdekatan dengan kamar.

2.Hotel

Hotel merupakan sebuah usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus. Setiap orang bisa menginap, makan, serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran yang ada di dalamnya.

Hotel pun dibagi ada dua jenis hotel, yaitu hotel berbintang dan hotel non bintang. Pengkategorian ini didasarkan pada persyaratan yang telah ditentukan.

3.Guesthouse

Guesthouse adalah bentuk penginapan berupa rumah biasa yang sebagian kamar kamarnya disewakan kepada tamu. Biasanya, pemilik guesthouse tinggal di bangunan yang sama. Jenis penginapan ini juga pada umumnya dikelola oleh keluarga pemilik dan fasilitas yang ada juga seringkali dapat digunakan oleh semua tamu yang menginap disini.

4.Homestay

Sebenarnya, homestay hampir mirip seperti guesthouse. Namun, tamu biasanya akan tinggal lebih lama dibandingkan tamu guesthouse. Oleh karenanya, homestay lebih sering digunakan oleh para pelajar asing atau dari luar kota untuk mempelajari kebudayaan setempat, walaupun sebenarnya tidak selalu oleh para pelajar, homestay kerap kali juga bisa digunakan oleh rombongan keluarga atau rombongan lain baik itu pekerja kantor, kerabat dan lain sebagainya. Tarif menginap di homestay bisa dibilang cukup murah dibanding hotel atau yang lainnya. Oleh sebab itu kenapa homestay lebih menarik ditimbang hotel.

5.Hostel

Hostel sendiri adalah tempat menginap yang memiliki fasilitas yang digunakan bersama oleh para tamunya. Seperti, kamar mandi, ruang duduk, tempat menjemur, ruang santai, alat masak, dan dapur. Hal ini membuat kesempatan bersosialisasi antara tamu yang satu dengan yang lain lebih besar. Terkadang, hostel menyediakan ruangan berupa dormitory atau kamar pribadi serupa hotel. Selain itu, bentuk kamar hostel terbilang lebih sederhana.

Oke begitulah kira kira perbedaan hotel, hostel, motel, guesthouse, homestay dan lain sebagainya. Semoga bisa menjadi pengetahuan baru bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan diantara kesemuanya. Jangan sampai salah membedakan diantara semuanya. Semoga Bermanfaat.

Silahkan share atau bagikan artikel ini apabila dirasa bermanfaat, kami akan sangat menghargai dan mengapresiasi hal tersebut. Terima Kasih.